Tuesday, April 6, 2010

4 Tipe Manusia
Blog Riky -- Pernahkan diperhatikan, ketika berinteraksi dengan banyak orang, masing-masingnya memiliki tipe yang berbeda ? ada lawan interaksi anda yang memiliki tipe A, senang rasanya anda bertemu dengannya. Namun, ada orang lain yang miliki tipe B, dari kejauhan saja ketika anda melihatnya, anda langsung menghindarinya. Itulah keberagaman manusia dalam kehidupan ini.

Penulis buku Qualitan Teaching, Zulfiadri membagi 4 tipe manusia yang patut kita ketahui, yaitu : (1) orang yang sekedar hidup di dunia, (2) orang yang bisa hidup di dunia, (3) orang yang bisa menghidupi, dan (4) orang yang mampu membuat hidup lebih hidup. Dari keempat tipe manusia di atas, tipe anda seperti apa ? mari baca ciri-cirinya lebih lanjut.

Pertama, orang yang sekedar hidup di dunia. Ciri-ciri orang seperti ini adalah sering mengeluh dan menyalahkan orang lain, orangnya tidak Percaya Diri (PD), sering depresi, dan selalu memandang ke bawah. Apakah anda orang seperti ini ? ini lah orang yang tak punya semangat hidup dan butuh motivasi yang tinggi.

Kedua, orang yang bisa hidup di dunia. Ciri-ciri orang seperti ini bisa survive dalam hidup, memandang dunia lebih optimis, punya visi tapi rencana belum baik, proaktif namun kurang inisiatif, dan orang lain harus mendukung saya, begitu katanya.

Ketiga, orang yang bisa menghidupi. Orang seperti ini mempunyai ciri-ciri : sudah bisa berbagi secara materi kepada orang lain dan orang lain mengakui keberhasilan mereka.

Keempat, orang yang mampu membuat hidup lebih hidup. Ciri-ciri orang seperti ini, mampu memberikan warisan kepada orang lain (non materil), mampu menginspirasi orang lain, penerang bagi orang lain, dan menjadi seseorang dikenang.

Jika tipe diri anda masih 1 dan 2, mari berusaha setidaknya menjadi tipe ketiga, maka kesuksesan akan menyertai anda. Zulfiadri menambahkan, ” Kualitas kita dinilai dari seberapa cepat kita bisa melepaskan paradigma negatif yang kita miliki, kemudian berganti paradigma positif yang lebih mencerahkan kita dan menggerakkan ke arah perubahan yang lebih baik.”

Post a Comment:

Silahkan tanggapan dan sarannya untuk tulisan ini.