Langsung ke konten utama

Selalu Siap Sedia !

Selalu Siap Sedia !
Blog Riky -- Tulisan berikut merupakan lanjutan dari tulisan sebelumnya " Tips Sales : Membuat Orang Bersedia Meluangkan Waktunya ". Sumber utama pada tulisan ini, masih merujuk pada buku yang berjudul " 100 Ide Penjualan Terhebat yang Terbukti Sukses di Dunia ", karya Patrick Forsyth.

Masih teringat dalam ingatan setelah memberikan penjelasan tentang produk yang saya presentasikan, beberapa nasabah pernah menyampaikan kepada saya, "Akan saya pikirkan dulu, nanti akan saya hubungi lagi". Tentu kita sebagai seorang sales atau marketing sangat membosankan jika berurusan dengan pelanggan yang tidak mau mengambil keputusan. Kalau bisa, setelah presentasi kita lakukan, sedapat mungkin, pelanggan harus bersedia membeli produk kita.

Tetapi, ada hak juga bagi pelanggan untuk memikirkan terlebih dahulu apa yang pernah kita tawarkan pada mereka, atau setidaknya mereka mungkin melihat pilihan yang lain dulu, sebelum memilih membeli atau memakai produk kita.

Jika itu yang pelanggan katakan kepada kita, maka kita juga harus mempertimbangkan berapa lama waktu yang dibutuhkan pelanggan untuk memikirkan produk kita. Karena, di satu sisi, kita juga diburu oleh waktu baik hubungannya dengan target dan pendapatan. Biasanya penulis sering memberikan waktu maksimal 1 minggu kepada pelanggan. Setelah satu minggu berlalu penulis sering melakukan contact via handphone, atau pun langsung mengunjungi beliau.

Ada juga tipe pelanggan yang lebih baik kita datang langsung ketimbang melalui telephone. Dengan datang langsung, biasanya memberikan gambaran kepada si pelanggan bahwa kita butuh kepastian "positif"-nya sesegera mungkin. Sedangkan, hanya melalui telephone terkadang memberikan kesempatan yang lebih kepada nasabah untuk senantiasa menghindar walau dengan cara yang halus.

Pernah, dengan datang setiap seminggu sekali, akhirnya pelanggan memutuskan untuk memilih produk penulis, walau keputusannya tersebut keluar pada minggu ke-7. Memang repot dan penuh perjuangan, tapi sayang, ketika kita hanya mengunjungi beberapa kali saja dan kita menyerah sebelum keputusan "positif" keluar, maka kita harus siap kehilangan bisnis kita. Atau, ketika pelanggan sudah mengatakan "mari kita bicarakan", dan kitanya juga yang tidak siap, maka bersiaplah menghabiskan waktu yang panjang tanpa mendapatkan produk kita terjual.

Komentar

  1. terima kasih atas artikelnya sob,...sy juga mencoba untuk menjual di online, produk herbal dengan keuntungan yang gede....silahkan sobat kunjungi link saya ini, semoga berkenan. terima kasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan tanggapan dan sarannya untuk postingan ini.

Postingan populer dari blog ini

Mobil Pick UP Nganggur? Coba Jalankan Ide Ini..

Saya sangat sering melihat mobil pick up di parkir pada pinggir jalan dan di pasang spanduk bertuliskan di sewakan. Saya merasa, jika hanya di parkir seperti itu, kecil kemungkinan untuk mendapatkan pelanggan yang mau menyewa.  Pada tahun 2015 yang lalu saya mendapatkan semua proyek pengiriman sebuah cabang perusahaan farmasi di kota Padang untuk tujuan seluruh rumah sakit dan apotik di dalam Sumatera Barat. Padahal waktu itu, armada kami hanya baru ada satu unit avanza dan satu unit grand max. Kami mencoba mencari tambahan mobil ke kantor pusat, jawabannya pun tidak bisa segera, palingan beberapa bulan lagi permintaan mobil bisa datang ke Padang.  Alhasil kami mencoba mencari penyewaan armada, dan ketemulah banyak mobil parkir di pinggir jalan, kalau di Padang paling sering di dekat Jl. Kh. Ahmad Dahlan Padang posisi kalau kita dari Pasar Alai menuju Mesjid Raya Sumbar. Setelah ditanya berapa ongkos sewanya dari By pass simp. Kuranji menuju simp. kampus UBH di Ulak Karang, Su

Cara Mendapatkan Mesin EDC Bank Mandiri

sumber foto : investor.co.id Beruntunglah Toko-toko yang memiliki tampilan yang memikat atau ramai di kunjungi konsumen. Biasanya toko yang berpenampilan memikat, tidak perlu datang ke bank Mandiri, tetapi tinggal duduk saja menunggu orang bank yang akan menemui pemiliknya. Lho, kenapa begitu ? Seperti tulisan penulis sebelumnya ( gencarnya pihak bank memasarkan edc ), Pihak Marketing EDC bank Mandiri akan berkeliaran di jalan-jalan utama dan akan menyasar toko-toko yang berpotensi transaksi besar. Mereka akan mengutamakan toko-toko yang seperti itu. Menemui ownernya, kemudian menjelaskan program tawaran EDC bank Mandiri. Jika setuju, owner toko tinggal melengkapi syarat-syarat yang wajib untuk di penuhi. Bagi toko-toko yang terletak agak jauh dari jalan utama, dan baru berdiri, owner toko silahkan datang ke bank Mandiri dan menemui Customer Service. Cukup bilang, saya mau EDC Bank Mandiri, jika belum ada rekening Mandiri silahkan buka rekening, jika sudah tinggalkan saja

7 Tips Penting Pengiriman Motor Melalui Jasa Ekspedisi

Ayo, siapa yang mau kirim motor? Dunsanak, jika mau kirim motor, ada beberapa hal yang mesti dunsanak ingat. Pertama , Ekspedisinya bisa di percaya. Ekspedisi yang bisa di percaya cara melihatnya gimana? Cek kantornya dulu. Besar kagak kantornya? Armadanya ada tidak? kemudian banyak tidak karyawannya?  Jika kantornya besar, armada ada, karyawan banyak, apalagi kantornya sangat bagus, apalagi karyawannya komunikasinya bagus. Ini bisa dipastikan ekspedisinya sangat bisa dipercaya. Kedua , Bisa Di Tracking melalui internet. Ini yang sangat penting. Bisa di cek melalui internet adalah sebuah keharusan. Gak mungkin kan sipengirim menelfon terus ke kantor ekspedisi. Ini juga tanda bahwa perusahaan tersebut sudah besar, dan pastinya mereka lebih menjaga kiriman, jika pengiriman jelek tentunya akan berdampak pada nama baik perusahaan. Ketiga, Ongkir Masuk Akal. Nah, ini yang paling dipertimbangkan. Jika ada ekspedisi yang memberikan penawaran yang sangat murah, harap berhati