Langsung ke konten utama

Cara Pengurusan Surat Keterangan Usaha dari Kelurahan

Cara Pengurusan Surat Keterangan Usaha dari Kelurahan
Blog Riky -- Menjadi pengusaha tak luput dari berbagai administrasi pemerintahan. Ada sebagian daerah dalam pengurusan administrasi, apakah itu izin usaha, dan sebagainya pengurusannya sangatlah lama. Biasanya daerah yang maju tingkat perekonomiannya, untuk izin-izin tersebut tidaklah memakan waktu yang lama, sehingga banyak waktu dan uang dari pengusaha tidak terbuang. Harusnya ini menjadi contoh bagi daerah yang ekonominya bergerak lambat, seperti kota tempat saya tinggal saat ini.

Salah satu surat yang juga di perlukan bagi pengusaha yang belum ada Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Surat Izin Tempat Usaha (SITU)adalah Surat Keterangan Tempat Usaha (SKTU). Surat ini dikeluarkan oleh Kelurahan tempat usaha. Biasanya SKTU ini dibutuhkan diantaranya untuk peminjaman kredit di bank, pengurusan SIUP dan SITU, dan pengurusan kerjasama pemasangan EDC/ mesin gesek.

Untuk pengurusannya tidaklah susah. Langkah yang dilakukan adalah :
  • 1. Membawa fotocopy KTP dan mendatangi Ketua RT setempat guna mendapatkan surat pengantar untuk pengurusan Surat Keterangan Tempat Usaha (SKTU) dari di kelurahan. Pengalaman saya selama ini dalam membantu mitra, sang mitra biasanya sangat jarang melakukan silaturrahim ke pengurus RT setempat. 
    Seharusnya sewaktu mau membuka tempat usaha di sana, kita kenalan dulu dengan RT dan menjelaskan tentang usaha kita. Jika ini sudah kita lakukan untuk urusan-urusan lainnya dengan pak RT akan sangat membantu. Hal yang sering saya dapatkan, sudahlah ketika membuka usaha di sana tidak lapor dengan RT dulu, setiap ada kegiatan RT mitra ini tidak pernah terlibat, misal uang sumbangan untuk kegiatan sosial, atau menerjunkan anggota untuk kegiatan sosial. Sehingga RT menjadi tersinggung dan akan mempersulit juga mitra untuk mendapatkan surat pengantar dari RT untuk kelurahan.
  • 2. Setelah mendapatkan surat pengantar dari RT setempat, selanjutnya mendatangi kenator kelurahan setempat dengan membawa foto copy KTP, Surat pengantar RT, dan bukti lunas PBB. Maka dalam 5 menit kita akan di buatkan surat oleh petugas kelurahan. Palingan ada sedikit data-data yang kita isikan buat arsip di kelurahan dan ada juga yang memerlukan materai 6000. Setelah di tandatangani lurah atau staff-nya. Surat Keterangan Tempat Usaha (SKTU) bisa kita dapatkan. Ops...jangan lupa....titip uang Rp 20.000,- untuk petugasnya ya. Istilahnya uang Thank You. Agar staff di kelurahan tambah semangat kerjanya. Seikhlasnya saja....

Ingat, seberapa pun besar usaha kita, jika kita tidak berusaha kenal dengan lingkungan sekitar kita terutama pengurus RT, maka suatu saat urusan kita tidak akan lancar. Dan jangan terlalu hitung-hitungan juga jika ada kegiatan sosial di sekitar tempat usaha kita, anggap sebagai CSR saja lah. Toh, nanti efek positifnya juga toko atau tempat usaha kita juga yang merasakan.

Semoga bermanfaat....

Komentar

  1. I love perusing your internet site. Appreciate it! harga
    .

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. yang sabar y pak...katanya sekarang PNS?ASN sudah anti sogok, semoga tidak hanya sebagai slogan saja..... :d

      Hapus
    2. @edwardus, biasa pak agar urusan cepat selesai....

      Hapus

Posting Komentar

Silahkan tanggapan dan sarannya untuk postingan ini.

Postingan populer dari blog ini

Mobil Pick UP Nganggur? Coba Jalankan Ide Ini..

Saya sangat sering melihat mobil pick up di parkir pada pinggir jalan dan di pasang spanduk bertuliskan di sewakan. Saya merasa, jika hanya di parkir seperti itu, kecil kemungkinan untuk mendapatkan pelanggan yang mau menyewa.  Pada tahun 2015 yang lalu saya mendapatkan semua proyek pengiriman sebuah cabang perusahaan farmasi di kota Padang untuk tujuan seluruh rumah sakit dan apotik di dalam Sumatera Barat. Padahal waktu itu, armada kami hanya baru ada satu unit avanza dan satu unit grand max. Kami mencoba mencari tambahan mobil ke kantor pusat, jawabannya pun tidak bisa segera, palingan beberapa bulan lagi permintaan mobil bisa datang ke Padang.  Alhasil kami mencoba mencari penyewaan armada, dan ketemulah banyak mobil parkir di pinggir jalan, kalau di Padang paling sering di dekat Jl. Kh. Ahmad Dahlan Padang posisi kalau kita dari Pasar Alai menuju Mesjid Raya Sumbar. Setelah ditanya berapa ongkos sewanya dari By pass simp. Kuranji menuju simp. kampus UBH di Ulak Karang, Su

Cara Mendapatkan Mesin EDC Bank Mandiri

sumber foto : investor.co.id Beruntunglah Toko-toko yang memiliki tampilan yang memikat atau ramai di kunjungi konsumen. Biasanya toko yang berpenampilan memikat, tidak perlu datang ke bank Mandiri, tetapi tinggal duduk saja menunggu orang bank yang akan menemui pemiliknya. Lho, kenapa begitu ? Seperti tulisan penulis sebelumnya ( gencarnya pihak bank memasarkan edc ), Pihak Marketing EDC bank Mandiri akan berkeliaran di jalan-jalan utama dan akan menyasar toko-toko yang berpotensi transaksi besar. Mereka akan mengutamakan toko-toko yang seperti itu. Menemui ownernya, kemudian menjelaskan program tawaran EDC bank Mandiri. Jika setuju, owner toko tinggal melengkapi syarat-syarat yang wajib untuk di penuhi. Bagi toko-toko yang terletak agak jauh dari jalan utama, dan baru berdiri, owner toko silahkan datang ke bank Mandiri dan menemui Customer Service. Cukup bilang, saya mau EDC Bank Mandiri, jika belum ada rekening Mandiri silahkan buka rekening, jika sudah tinggalkan saja

7 Tips Penting Pengiriman Motor Melalui Jasa Ekspedisi

Ayo, siapa yang mau kirim motor? Dunsanak, jika mau kirim motor, ada beberapa hal yang mesti dunsanak ingat. Pertama , Ekspedisinya bisa di percaya. Ekspedisi yang bisa di percaya cara melihatnya gimana? Cek kantornya dulu. Besar kagak kantornya? Armadanya ada tidak? kemudian banyak tidak karyawannya?  Jika kantornya besar, armada ada, karyawan banyak, apalagi kantornya sangat bagus, apalagi karyawannya komunikasinya bagus. Ini bisa dipastikan ekspedisinya sangat bisa dipercaya. Kedua , Bisa Di Tracking melalui internet. Ini yang sangat penting. Bisa di cek melalui internet adalah sebuah keharusan. Gak mungkin kan sipengirim menelfon terus ke kantor ekspedisi. Ini juga tanda bahwa perusahaan tersebut sudah besar, dan pastinya mereka lebih menjaga kiriman, jika pengiriman jelek tentunya akan berdampak pada nama baik perusahaan. Ketiga, Ongkir Masuk Akal. Nah, ini yang paling dipertimbangkan. Jika ada ekspedisi yang memberikan penawaran yang sangat murah, harap berhati