Thursday, March 28, 2013

Mau Belanja,Tinggal Gesek Aja..
Blog Riky -- Dahulu ketika kita belanja di toko semuanya menggunakan uang tunai. Sekarang, tidak perlu lagi membawa uang segepok untuk memborong seluruh barang-barang yang akan kita bawa ke rumah. Cukup membawa beberapa kartu saja, baik kartu ATM atau pun kartu kredit. Sebuah perkembangan yang sangat baik, dengan mengurangi transaksi dengan uang tunai, lebih menguntungkan bagi semua pihak.

Tentunya kemudahan ini tidak terlepas dari peranan perbankan untuk men-support pelaku usaha dalam bertransaksi. Dukungan dalam bentuk kerjasama pemasangan mesin Electronic Data Capture (EDC), memudahkan pelaku usaha dan konsumennya.

EDC secara sederhana mempunyai fungsi untuk memindahkan dana yang ada di kartu ATM atau kartu kredit nasabah ke rekening pemilik toko. Dengan alat ini, pergerakan uang tunai bisa di minimalisir. Membatasi transaksi uang tunai, memberikan manfaat yang sangat berarti bagi kedua belah pihak, konsumen atau toko.

Pihak toko, sekarang tidak perlu khawatir lagi dengan peredaran uang palsu, dengan uang tunai tidak banyak di toko terjadinya perampokan bisa di hindari, pihak toko tiap sore atau mau tutup toko tidak perlu lagi setor tunai uang cash ke bank. Tidak hanya itu, biasanya konsumen dengan membawa uang tunai, biasanya sudah memperkirakan membeli satu atau dua barang, namun karena ada barang yang menarik, dengan kartu atm atau kartu kredit, manatahu konsumen tersebut menambah anggaran belanjanya.

Pihak konsumen pun, jika uangnya kurang kan tinggal di gesek saja. Lebih pentingnya keamanan bagi konsumen. Biasanya dengan membawa uang banyak di kantong saku, tentunya kecemasan yang tinggi ketika meninggalkan rumah untuk menuju tempat belanja. Dengan transaksi non tunai, kecemasan tersebut bisa di minimalisir tentunya.

Pihak bank pun sekarang sangat gencar dalam menjalin kerjasama tersebut dengan pihak merchant. Strategi jemput bola banyak di lakukan. Bank yang paling gencar penulis melihat yaitu Bank Mandiri. Tentunya bagi pihak toko, manfaatkan kerjasama ini, toh tidak merugikan pihak toko juga. Selain itu, biasanya bagi toko yang ada mesin EDC ini, biasanya toko tersebut bertambah market share-nya. Toko terkesan mewah, dan konsumen yang biasanya beralasan ke ATM dulu mengambil uang dan tidak kembali lagi tentunya juga akan berkurang. 

1 komentar :

INFORMASI PENGAJUAN PINJAMAN LEASING BESS FINANCE.
JAMINAN BPKB MOBIL TANPA BI CHEKING
AREA JADETABEK
HUB : HERI
TELP / WA : 0856-9406-5479
PIN BB : 5B356F8D
TLNG BANTUAN DAN INFORMASINYA JIKA BERMINAT

Reply

Silahkan tanggapan dan sarannya untuk tulisan ini.