Thursday, March 28, 2013

Cara Mendapatkan Mesin EDC Bank Mandiri
Blog Riky -- Beruntunglah Toko-toko yang memiliki tampilan yang memikat atau ramai di kunjungi konsumen. Biasanya toko yang berpenampilan memikat, tidak perlu datang ke bank Mandiri, tetapi tinggal duduk saja menunggu orang bank yang akan menemui pemiliknya. Lho, kenapa begitu ?

Seperti tulisan penulis sebelumnya (gencarnya pihak bank memasarkan edc), Pihak Marketing EDC bank Mandiri akan berkeliaran di jalan-jalan utama dan akan menyasar toko-toko yang berpotensi transaksi besar. Mereka akan mengutamakan toko-toko yang seperti itu. Menemui ownernya, kemudian menjelaskan program tawaran EDC bank Mandiri. Jika setuju, owner toko tinggal melengkapi syarat-syarat yang wajib untuk di penuhi. Bagi toko-toko yang terletak agak jauh dari jalan utama, dan baru berdiri, owner toko silahkan datang ke bank Mandiri dan menemui Customer Service. Cukup bilang, saya mau EDC Bank Mandiri, jika belum ada rekening Mandiri silahkan buka rekening, jika sudah tinggalkan saja nama toko, alamat toko, serta contact person owner. Dalam waktu sehari, pihak marketing EDC Bank Mandiri akan menghubungi anda dan anda tinggal menunggu di toko.

Lalu, apa saja syarat yang harus di persiapkan ?

Bagi usaha perseorangan, cukup menyiapkan foto copy KTP owner yang masih berlaku, foto copy NPWP owner, dan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP). Jika SIUP tidak ada bisa di gantikan dengan surat keterangan usaha dari kelurahan atau kecamatan setempat, atau surat sewa dari pengelola gedung, bagi tempat usahanya terletak di Mall atau pusat perbelanjaan lainnnya. Dan mengisi aplikasi permohonan EDC serta mencantumkan nomor Rekening Mandiri atas nama owner atau jika atas nama anak atau istri, nanti pihak marketing akan meminta foto copy KTP pemilik rekening dan akan mengeluarkan format surat kuasa yang di tandatangani di atas materai Rp. 6.000,-. 

Selain itu, pihak toko mempersiapkan satu atau dua materai Rp. 6.000,-. Bagi toko yang tidak ada akses fixed line telepon jangan khawatir, Bank Mandiri mempunyai mesin dengan dua type. Pertama mesin yang menggunakan jaringan telepon dan mesin tanpa jaringan telepon (menggunakan SIM Card). Mesin yang menggunakan SIM Card atau namanya mesin GPRS membutuhkan dua materai untuk surat perjanjiannya.

Bagi Usaha atas nama CV wajib melampirkan, copyan KTP direktur, NPWP CV, SIUP, SITU atau Izin gangguan, TDP, dan Akte Pendirian dan perubahan.

Bagi Usaha atas nama PT dan Yayasan wajib melampirkan,  copyan KTP direktur/ pimpinan yayasan, NPWP PT/yayasan, SIUP, SITU atau Izin gangguan, TDP, SK Menkumham dan Akte Pendirian dan perubahan.

Lalu, kenapa tidak langsung di urus di kantor bank Mandiri saja?

Satu yang terpenting, pihak marketing harus datang ke tempat merchant yang akan di pasangi mesin EDC bank Mandiri. Pihak Bank biasanya langsung mengisi aplikasi permohonan merchant di tanda tangani owner atau direktur utama, mengambil syarat-syarat lalu mengambil foto lokasi tempat pemasangan mesin. Tampak depan, luar, dalam, serta dalam foto tersebut harus ada pihak dari bank Mandiri-nya.

Biasanya untuk proses,  dana di rekening Mandiri merchant harus di atas 500 Ribu untuk rekening mandiri reguler dan untuk rekening Bisnis harus di atas 1 juta. Jika kurang dari itu, biasanya aplikasi merchant akan ter-pending. Proses pengadaan mesin EDC bank Mandiri biasanya setelah syarat lengkap, memakan waktu 14 - 30 hari.

sumber foto : investor.co.id

56 komentar

This comment has been removed by a blog administrator.

apa ini konsepnya sama dengn brilink. yg bisa buat jualan pulsa bayar pln pdam transfer dll. lalu dikasih semacam mmt berlogokan mandiri edc

Reply

tidak pak, ini hanya sebatas transaksi dari kartu debet atau kertu kredit nasabah ke toko. Jika bapak mau usaha pembayaran listrik,pdam, dll, silahkan cek website www.sap-express.com. Selain bisa postpay, Bpk juga bisa sebagai counter retail jasa pengiriman SAP-express. Silahkan di lihat dan dielajari Pak. Terima kasih telah berkunjung dan memberikan komentarnya. Salam sukses buat Bpk ya..

Reply

Surat usaha ini or surat rt ini yg susah di dapat
Dan makan waktu
Apa ini di wajibkan

Reply

iya pak di wajibkan, pengurusan surat gampang pak, gak ribet..bahkan sales nya bisa bantu urus. Tapi alangkaj lebih baik lagi pengusahanya yang urus, agar kenal dengan aparatur pemerintah pak, meskipun dikit2 ujungnya duit, urusan apa pun kelak jadi gampang...gak berapa waktu yang dibutuhkan ngurusnya...

Reply

Mhn info persyaratannya apabila mesin Edc ini digunakan utk taxi grab?

Reply

kalau untuk taksi biasanya ada mesin edc jenisnya khusus pak, lebih kecil ukurannya. Cb langsung saja ke Bank Mandirinya y Pak. Di kota besar sudah tersedia dan sudah ada yang terpasang mesin edc untuk taksi.

Reply

Kalau untuk toko klontong apakah bisa mengajukan mesin edc ?

Reply

bisa pak, cuma apakah perkiraan transaksi ada yang menggunakan debit atau kartu kredit? silahkan saja pak hubungi cabang Bank mandiri setempat.

Reply

untuk Daerah Padang bisa menghubungi saya
Yudhi Kurnia (0822-8582-3584)

Reply

untuk daerah Padang bisa menghubungi saya di 0822-8582-3584

Reply

kalo mau edc mandiri yang mobile ada yang punya info??

Reply

coba hubungi nomor salesnya pak 0822-8582-3584, untuk wilayah sumatera barat. atau nomor telp kantor 0751 810079.

Reply

langsung saja untuk datang ke kantor bank mandiri setempat,bilang saja ke cs nya bpk/ibu mau pasang edc bank mandiri. esoknya bpk/ibu akan dihubungi oleh marketing edc nya. coba deh...

Reply

menggunakan mesin edc, brp administrasi tahun pertama dan seterusnya pak Riky? mohon penjelasannya. dan untuk yg bisnis, syarat untuk approve harus buka saldo 1jt, gimana setelah berjalan edc nya blm ada transaksi malah saldo 500rb nya di ambil, jadi sisa 500rb di tabungan? apa ada istilah terminate atau lainnya? tks

Reply

Apakah syarat dan ketentuan diatas masih berlaku? Karena denger denger harus simpen deposit 10 juta.

Reply

Saya sudah ajukan mesin edc di bank mandiri cabang tanjungpandan (belitung) syaratnya sudah lengkap, tapi dari pihak bank mewajibkan kita input saldo minimal 10 juta...apa memang begitu prosedur nya?? Terima kasih

Reply

kalau usahanya di rumah, apakah bisa mendapatkan mesin edc?
surat izin usaha sy dapatkan hanya dari RT setempat, bukan dari Lurah atau Camat, karena lokasi usaha sy bukan lokasi tempat usaha melainkan lokasi permukiman.
jujur saja setiap transaksi ada saja customer yang menanyakan apa bisa ditransfer. nah itu aja sih masalahnya.

mohon bantuannya. Tks

Reply

halo belum memiliki npwp apakah bisa memperoleh edc mandiri?

Reply

hehe...setahu saya bpk/ibu mesin edc ada yang kena biaya adm, ada yang tidak. tergantung negosiasi antara bpk/Ibu dengan mandiri nya saja. Biasanya memang sales bank akan menganjurkan buka rekening tabungan bisnis yang minimal saldo tinggal 1 juta. tapi bisa juga kok buka tabungan biasa. Tabungan bisnis memudahkan bpk/Ibu untuk melihat detail transaksi di mesin gesek bpk/Ibu sendiri. Jika ditambahkan dengan internet bisnis tambah bagus lagi. Banyak fasilitas yang bisa bpk/Ibu dapatkan. Untuk pemula dan ketika transaksi belum ramai, buka saja pakai rekening mandiri reguler...saran, minta saja ke konsumen bpk/ibu untuk gunakan debit atau kartu kredit dari pada uang tunai, karena banyak lho sekarang duit palsu...dari pada rugi. Gmn? konsumen merasa senang lho bpk/ibu kalo udah ada mesin edc di toko bpk/Ibu, rencana beli 1 produk di tempat bpk/Ibu, karena lihat produk lain yang bagus, konsumen pasti jadi nambah, apalagi karena lihat bisa gesek mereka gak pikir2 panjang lagi untuk tambah belanja di tempat bpk/ibu bukan?

Reply

iya bpk Adi Jayanto, maaf sudah lama blog ini sudah tidak saya update tulisannya. Memang benar Bpk, Mandiri mensyaratkan untuk duit deposit 10 juta. Itu biasanya sampai mesin terpasang saja. Kalo mesin udah terpasang bpk bisa tarik lagi. Ya, palingan 2 mingguan cuma pak...Sebenarnya di tahun 2011 sampai 2014 mandiri sangat memberikan kemudahan bagi pelaku usaha untuk mendapatkan mesin gesek. Karena mesin banyak yang tidak di gunakan dengan maksimal serta gak ada transaksi sama sekali dalam setahun, makanya mandiri minta keseriusan pemilik toko mungkin. Kalo Bpk memang butuh coba deposit 10 juta dulu,baru di pasang. Barangkali seperti itu bpk Adi Jayanto..Maaf sudah tidak di mandiri lagi...

Reply

salam kenal bpk urang sare, aturan terbaru memang seperti itu bpk. deposit itu sebentar pak, palingan 2 mingguan sampai mesin bpk approve oleh analis. Mungkin karena banyak dahulu org pasang mesin edc mandiri tp tidak digunakan maksimal pak, sementara biaya maintenance tiap bulan mesti dikeluarkan pihak mandiri ke vendor teknisi. Makanya sekarang, kalo memang pihak toko serius coba deposit dulu, kalo udah mesin terpasang bpk bisa tarik lagi kok.

Reply

bisa pak, asalkan ada jaminan transaksi, kalo gak ada transaksi sayang kan pak jika di pasang di rumah. Atas nama pribadi biasanya boleh pak, cukup lampirkan ktp, npwp dan surat keterangan dari kelurahan yang asli yang menyatakan bahwa kita bekerjasama dengan mandiri untuk pasang mesin edc. Cukup tiga itu saja, selebihnya cuma isi lengkap form dan 1 materai untuk mesin pake kabel telp dan dua materai 6000 untuk mesin tanpa kabel telpon. kemudian copyan cover rekening tabungan bpk, nomornya saja sudah cukup sebenarnya, tapi jangan sampe salah nomor rekening y pak...hehehe

Reply

salam kenal buk ika rostika...maaf ibuk, di bank semuanya harus pake npwp. urus npwp gampang kok buk, tinggal datang ke kantor pajak, isi form, kalo ibuk pegawai tinggal minta surat keterangan bekerja. lima menit npwp jadi buk, ngantrinya saja yang lumayan lama....sabar ya buk... :d

Reply

terima kasih pak yudhi...semoga bisa terbantu masyarakat yang akan pasang mesin gesek..salam untuk sales team mandiri area padang dan kanwil palembang ya pak..saya rasa mereka masih ingat saya.... (c)

Reply

terima kasih pak yudhi...semoga bisa terbantu masyarakat yang akan pasang mesin gesek..salam untuk sales team mandiri area padang dan kanwil palembang ya pak..saya rasa mereka masih ingat saya.... (c)

Reply

Untuk di medan bpk ad knalan gk..trs ada dknakan biaya adm stiap bln gk klo praturam skrg...biasanya kisaran brp rupiah..tkx

Reply

Utk dimedan bpk ada knalan gk mrktingna...trs skrg udh ada biaya adm bulanannya gk..tkx

Reply
This comment has been removed by a blog administrator.
This comment has been removed by a blog administrator.

maaf bpk/Ibu saya sudah lama tidak di mandiri lagi, untuk contact daerah medan saya tidak punya. Silahkan saja Bpk/Ibu langsung datang ke CS mandiri cabang terdekat. Bilang saja saya mau pasang mesin edc mandiri, nanti marketingnya yang akan hubungi bpk/Ibu. CS tidak sepenuhnya mengerti tentang edc, biar mereka yang berikan referensi data Bpk/Ibu ke sales merchant dan mereka langsung yang akan urus

Reply

biaya bulanan biasanya ada terutama untuk mesin edc yang GPRS (tanpa kabel telpon), minta saja ke sales merchant gimana cara agar biaya bulanan mesin tidak ada. Biasanya mereka berikan solusi mungkin bisa saja dengan deposit di rekening atau transaksi minimum atau sebagainya. Lokasi toko juga menentukan dikenakan biaya atau tidak, biasanya kalo toko berada di pasar atau di mall biasanya tidak dikenakan biaya. Bagaimana pun sales merchant akan berupaya maksimal agar mesin edc bpk/Ibu bisa terpasang.

Reply

Mohon informasi nya dong jika toko saya menjadi rekanan bank mandiri untuk promo2 disc dari bank mandiri apa saja ya persyaratan yg harus di lengkapi?08128819498 pandu.tq

Reply

terima kasih banyak atas kunjungan pak pandu di blog yang sederhana ini. Biasanya untuk promo ada beberapa jenis promo pak, seperti Bpk yang yang berikan diskon, mandiri yang publish melalui jejaring media yang mereka biasa laksanakan promosi. Ada juga mandiri yang bayarin diskon pelanggan ke toko Bpk, namun ini biasanya pas ulang tahun mandiri atau pun ada kegiatan2 marketing mandiri tertentu. Jika di toko Bapak kebetulan sedang ada diskon, Bpk Tinggal hubungi area coordinator credit card area, biasanya setiap provinsi ada 1 arco di masing2 wilayah, kalo melalui cs urusannya akan ribet. Biasanya arco credit card berkantor di area, cari aja kantor mandiri paling gede di provinsi bpk, pasti dia ada di sana. Tgl isi form, dan cantumkan logo toko bpk dan promonya apa, nanti mandiri yang akan atur, apakah via baliho, spanduk, brosur, sms ke pemegang kartu kredit dan debit mandiri, atau arklirik yang akan di antar ke toko Bpk. Biasanya mandiri mau saja untuk siapkan bahan dan kelengkapan promo pak, asalkan ada promo yang menarik dari toko bpk sendiri. demikian yang bisa saya jelaskan pak Pandu..

Reply

Pa riky kemarin saya ditawrkan pasang edc bank mandiri tapi ada satu sarat yg berat buat kita para pengusaha pemula pa diwajibkan setor uang ditabungan 10jt diendapkan selama 1 minggu ini yg jadi berat oadahal bank lain ga ada seperti itu pa...mohon oenjelasannya

Reply

Pa riky kemarin saya ditawrkan pasang edc bank mandiri tapi ada satu sarat yg berat buat kita para pengusaha pemula pa diwajibkan setor uang ditabungan 10jt diendapkan selama 1 minggu ini yg jadi berat oadahal bank lain ga ada seperti itu pa...mohon oenjelasannya

Reply

memang betul pak, gak tahu juga alasan lebih tepatnya kenapa bank mandiri berlakukan seperti itu. Biasanya sebentar pak, pas di croscek oleh analis, trus approved. Trus tgl tarik saja dana bpk di sana. Kalo rasanya berat, pasang saja mesin edc bank lain dulu pak, min. Bca atau BNI, biasanya 2 bank ini yang diperhatikan betul oleh bank mandiri. Perbanyak saja transaksi dulu di sana pak, simpan terus bukti struknya terutama transaksi kartu kredit. Apalagi kartu kredit mandiri atau debit mandiri. Biasanya bisa diadu tuh pak, bpk kasih semua struk hasil transaksi kartu kredit di edc bca/bni bpk sama salesnya, untuk di ajukan ke kanwil mandiri. Sementara untuk dana, dana putar aja pak, kalo gak ada ngendap gak apa. Biasanya melihat banyak nya transaksi bpk, mandiri biasanya ngalah. Apalagi bpk ada kartu kredit mandiri, internet banking mandiri, atau kredit di mandiri, ini paling cepat approve nya pak, tanpa saldo mengendap lagi. Masih banyak jalan pak, asal digunakan edc nya memang betul2 untuk transaksi di toko Bpk.

Reply

Salam kenal pak Riky...
Saya berniat usaha loket ppob listrik pascabayar dor to dor...kalo saya pikir sangat membantu masyarakat yg jauh dengan loket PPOB ini..
Apakah bisa penagihan listrik perbulan pakai mesin EDC mandiri?
trimah kasih

Reply

Mau tanya pak riky..saya berniat membuka usaha loket PPOB berjalan dari rumah ke rumah...apakah boleh memakai mesin EDC mandiri untuk pembayaran iuran listrik per bulan ( pasca bayar)dari pelanggan?

Reply

Pak Eko HK terima kasih telah berkunjung di blog http://bisnis.rikyperdana.net

Di mesin EDC Mandiri tidak bisa pak. Saya bisa berikan 2 saran ke Bpk.

1. Kalo Bpk mau yang lengkap buka saja agen penjualan SAP Express, dimana selain pembayaran PPOB bpk juga bisa menerima kiriman paket ke seluruh indonesia dan luar negeri. Fee nya juga banyak. Fee untuk pengiriman bisa sampai 25 % pak. Bpk bisa baca usalasan lengkapnya di :
http://riperblog.blogspot.co.id/2016/07/dibuka-kerjasama-agen-penjualan-sap.html

2. Buka agen ppob BRI, ini cuma bisa PPOB saja, sementara jika ada orang ngirim paket bpk tidak bisa terima.

Demikian yang bisa saya sampaikan...semoga bermanfaat...

Reply

Masih bisa diakalin tuh pak @nandang arief. Pasang saja mesin edc bank lain terlebih dahulu baru urus mandiri pak...lebih bagus begitu pak...memang mandiri sekarang agak jual mahal pak...di satu sisi butuh mesin terpasang di sisi lain juga mengharapkan dana.pasang saja mesin bank lain, nanti mandiri bisa nyusul pak...

Reply

Saya minat dengan mesin edc ini, apa bapak bisa bantu untuk pengurusan ke pihak mandiri nya. Terima kasih

Reply

sebenarnya gak masalah juga pak. namun, setahu saya mandiri tidak memperbolehkan pemasangan fitur kartu kredit untuk usaha ppob, yang dibolehkan hanya debit only yang artinya cuma debit mandiri dan bsm saja kali tidak salah...

Reply

Bpk. deddy Setiawan, silahkan saja langsung ke bank mandiri cabang terdekat ya pak...saya rasa masing2 cabang mandiri ada marketingnya masing2...terima kasih atas kunjungan dan komentarnya y pak deddy

Reply

maaf pak hermanwinarto, untuk wilayah bandung nomor marketingnya riky gak ada, mhn silahkan saja langsung ke mandiri cabang terdekat ya pak, mereka akan bantu bpk langsung...mksh banyak telah berkunjung y pak hermanwinarto.

Reply

Malam pak mau pesan mesin edc prosesnya lama tidak.tks

Reply

Bisa minta no seles Surabaya boss..

Reply

prosesnya sekitar maksimal sebulan pak, tergantung kelengkapan syarat dan badan hukum pengajuan mesin tersebut. Jika Bpk mengajukan an. pribadi tentunya syaratnya lebih sedikit di bandingkan dengan pengajuan an. perusahaan atau pun koperasi. Jika syarat lengkap dan sesuai, maka prosesnya bisa cepat pak. Silahkan langsung saja datang ke bank cabang terdekat. Terima kasih ya telah berkunjung di Blog yang sederhana ini Bpk/Ibu.

Reply

maaf Bpk/Ibu saya tidak punya. Silahkan saja bpk/Ibu datang ke CS cabang bank yang dimaksud. Biasanya cS akan sampaikan langsung ke bgn marketing. Karena biasanya mereka juga ada target untuk pemasangan mesin tersebut. Terima kasih telah berkunjung dan memberikan pertanyaan.

Reply

jadi ini berfungsi sebagai mesin penampung atas pembayaran yaa?... klo misal yang di gesek dr atm selain mandiri kena cas brapa yaa?..

Reply

yups betul pak pramono pram, untuk penampung pembayaran. Biasanya kalo atm selain mandiri kena cas sama dengan cas kartu kredit berkisar 2-3 persen per transaksi. Tergantung kesepakatan bpk dengan pihak bank mandiri. Kalo nego bisa tuh pak dapat cas yang lebih kecil.

Reply

Mau tanya, saya Sdh punya buku tabungan kapel,waktu Mau buka mesin edc saya diharuskan membuka tabungan reguler. Kalau saya memakai tabungan kapel saya apakah tdk bs? Terima kasih

Reply

terima kasih banyak atas kunjungan Pak gwanto Tanzil. Untuk Case Bpk tersebut, setahu riky memang tidak bisa menggunakan tabungan kapel pak. Memang dibutuhkan tabungan reguler. Jika bpk mau mencek transaksi gesek lebih detail sebaiknya buka tabungan bisnis mandiri, agar bisa tercetak lebih detail transaksi dari mesek gesek tersebut. Tabungan reguler dengan internet banking rasanya juga sudah cukup pak. Demikian yang bisa riky jawab ya pak.

Reply

Silahkan tanggapan dan sarannya untuk tulisan ini.