Thursday, March 28, 2013

Gencarnya Pihak Bank Memasarkan Mesin EDC
Blog Riky -- Electronic Data Capture (EDC) merupakan produk perbankan yang sangat gencar saat ini untuk di pasarkan. Tidak hanya bank papan atas yang sudah melakukan ini, bank-bank menengah pun juga sudah memulai bermain dalam segment ini. Penulis melihat bank yang cukup gencar memasarkan produk EDC ini adalah Bank Mandiri dan BCA. Walaupun BNI, BRI, Danamon, dan Bank Mega juga banyak menyebarkan mesin namun masih kalah cepat dengan usaha ekspansi yang dilakukan Bank Mandiri dan BCA

Jika penulis berjalan menuju pasar atau toko-toko untuk berbelanja di daerah penulis. Penulis melihat Bank Mandiri dan BCA bersanding di meja Casier toko. Namun, Bank Mandiri lebih banyak ketimbang BCA. Namun untuk daerah lain, mungkin pengunjung Blog Riky yang lebih mengetahui.

Sekarang yang menjadi pertanyaan kita, kenapa bank-bank tersebut begitu gencar menjalin kerjasama dengan pemilik toko?

Selain untuk membantu Bank Indonesia dalam meminimalisir peredaran uang tunai di pasaran. Bank-bank ini gencar memasarkan EDC untuk mempertahankan dana nasabahnya untuk tetap berada di bank tersebut, serta untuk menambah fee based bagi bank pemilik EDC.

Mempertahankan dana nasabah maksudnya seperti ini, saya nasabah bank Mandiri. Punya ATM dan Kartu Kredit Bank Mandiri. Jika saya belanja memakai ATM atau kartu debit Mandiri di mesin EDC Mandiri, maka uangnya akan mengalir ke nasabah bank Mandiri juga. Istilahnya keluar kantong kanan, masuk ke kantong kiri. Namun, jika saya belanja di toko yang ada mesin EDC BCA atau BNI, maka dana saya yang di Mandiri tentunya akan mengalir ke BCA atau BNI. 

Jika saya belanja dengan kartu kredit Mandiri di mesin EDC Mandiri, selain dana saya keluar dari kartu kredit dan masuk ke rekening Mandiri pemilik toko, bank Mandiri juga akan mendapatkan fee based dari transaksi kartu kredit tersebut, biasanya sekitar 1,8 - 2,5 %. Begitu juga dengan kartu debit bank lain di gesek di mesin EDC Mandiri atau sebaliknya. Jadi, siapa yang paling gencar menyebarkan EDC di toko-toko, maka itu lah bank yang mempunyai fee based yang besar.

Post a Comment:

Silahkan tanggapan dan sarannya untuk tulisan ini.