Saturday, January 18, 2014

Puasa untuk Bujangan yang Belum Mampu Menikah
Blog Riky -- Rasulullah bersabda, " Wahai sekalian pemuda, barangsiapa diantara kalian yang telah memiliki kemampuan untuk menikah maka hendaklah segera menikah, karena menikah akan lebih menundukkan pandangan dan menjaga kemaluan. Dan barangsiapa yang belum mampu maka hendaklah shaum karena shaum akan menjadi perisai baginya. " (HR. Bukhari dan Muslim)

Rasulullah mengkhususkan para pemuda karena nafsu mereka cenderung lebih besar dari orang yang telah tua. Syahwat yang bergejolak bisa dibendung dengan shaum (puasa).

Karena shaum akan membuat fisik tidak sebugar jika berbuka dan fikiran akan terhindar dari angan-angan kotor karena selalu teringat bahwa saat itu ia tengah menjalani shaum. Sebab dalam shaum angan atau fikiran kotor merupakan faktor perusak dan pemusnah pahala. 

Namun, shaumjuga tidak bisa memberikan jaminan seratus persen bahwa pelakunya tidak akan berbuat maksiat sama sekali. Shaum akan berfungsi seperti alarm bagi orang yang benar-benar ingin menjaga diri, jika suatu ketika dorongan nafsu dan setan mulai membisiki.

Solusi terbaik untuk mengatasi terpaan gelombang syahwat adalah menikah. Namun, bagi yang belum mampu shaum dapat menjadi solusi alternatif yang baik untuk mengatasi masalah tersebut sementara waktu, dengan catatan jika shaum dilaksanakan dengan tulus dan sungguh-sungguh.

1 komentar :

Assalamualaikum.. Doa niat nya bagaimana? ?

Reply

Silahkan tanggapan dan sarannya untuk tulisan ini.