Saturday, January 18, 2014

Shaum di Bulan Sya`ban
Blog Riky -- Dari aisyah, Ummul Mukminin beliau berkata, " Rasulullah saw, melaksanakan shaum hingga kami mengatakan beliau tidak pernah berbuka dan beliau berbuka hingga kami katakan beliau tidak pernah shaum. Dan saya tidak melihat beliau menyempurnakan shaum sebulan penuh selain Ramadhan dan saya juga tidak melihat beliau lebih banyak menjalankan shaum dalam satu bulan kecuali di bulan Sya`ban. "

Imam an Nawawi menjelaskan bahwa dalam hadits ini terdapat anjuran agar hendaknya tidak ada bulan yang kosong dari ibadah shaum. Di bulan sya`ban Rasulullah Saw, banyak melakukan shaum tapi tidak satu bulan penuh. Hal ini agar umatnya tidak menganggap bahwa shaum di bulan Sya`ban adalah wajib.

Pada dasarnya, shaum nafilah tidak terlalu terikat dengan waktu, bisa dilaksanakan kapan saja selain pada beberapa hari yang dilarang. Sehingga sangat dianjurkan untuk memperbanyak shaum pada setiap bulannya.

Khusus hari terakhir bulan Sya`ban, yaitu tanggal 30 dianjurkan untuk tidak menjalankan shaum sunah. Hari tersebut disebut "yaumus Syak" atau hari yang meragukan, dimana kepastian awal Ramadhan masih dalam tahap penentuan. Karena bisa jadi bulan Sya`ban hanya berlangsung selama 29 hari. Sedang Ibadah tidak boleh dibangun atas dasar keraguan.

Rasulullah Saw bersabda, " Barangsiapa yang shaum pada hari Syak maka ia telah mendurhakai Abu al Qasim. " (HR. Bukhari )

Yang dimaksud Abu al Qasim adalah Rasulullah Saw. Akan tetapi menurut madzhab Syafii jika telah terbiasa dengan shaum sunah seperti shaum dawud, Senin dan Kamis, atau yang lain dari hari shaumnya bertepatan dengan tanggal 30 maka tidak mengapa tetap menjalankan shaum.

1 komentar :

situs poker online terpercaya, dewa poker, texas poker, poker club,judi bola online,poker online indonesia, daftar situs poker online indonesia
poker 88,situs poker online indonesia uang asli,situs poker online terpercaya, dewa poker, texas poker, poker club,poker online indonesia
nice post....
article yang menarik untuk dibaca dan bermanfaat...
maju terus sob,,,
kunjungi blog saya juga ya sob, http://chaniaj.blogspot.com
dan kunjungi juga situs kesayangan kami http://www.oliviaclub.com/oliviaclub/index.php
link alternatif http://www.oliviaclub.net/oliviaclub/index.php
oliviaclub poker online uang asli indonesia terbaik dan terpercaya
Poker Indonesia, Indonesia Poker, Poker Online Indonesia
yuk,,buruan gabung,,ada bonus nya lho,,,,

Reply

Silahkan tanggapan dan sarannya untuk tulisan ini.