Saturday, August 1, 2015

SAP Express sebuah perusahaan jasa pengiriman, merekrut ku sebagai sales & marketing untuk kota Padang dan Sumatera Barat tertanggal 28 Mei 2015. Dua bulan sebelumnya, saya juga sudah jalan bersama kepala cabang SAP Express untuk sama-sama memprospek klien. Namun, waktu itu saya masih belum masuk struktur internal di SAP Express. Sekarang saya sudah berada dalam internal SAP Express Cabang Padang.

Perusahaan jasa pengiriman tantangannya luar biasa. Perusahaan sejenis sudah banyak beredar di Padang, dan telah mempunyai marketnya masing-masing. Dengan nama yang baru muncul di tahun 2014 dan di Padang pada tahun 2015 ini, ditambah dengan armada dan SDM terbatas menjadi tantangan tersendiri, untuk dapat menghasilkan keuntungan dalam tahun ini juga.

Potensi pasar ter khusus di Padang masih sangat besar. Untuk perusahaan yang banyak adalah cabang yang berinduk mayoritas di Jakarta. Untuk perusahaan yang berproduksi di Padang sendiri sangatlah sedikit. Produk olehan makanan dan distributor online merupakan market terbanyak di sini. Tentunya semuanya sudah di garap oleh JNE, Tiki, Pos, Pandu Logistik, Rex, PCP, KGP, Zataka, AWR, APM Cargo dan sebagainya. Dari pasar yang ada inilah SAP Express masuk untuk mencicipi market yang ada di Padang dan Sumatera Barat pada umumnya.

Stategi yang kepala cabang dan saya terapkan adalah mencari dahulu konter retail, alhamdulillah dalam 2 bulan konter retail SAP Express Padang, masuk ke dalam Tiga besar jumlah konter retail se Indonesia. Konter retail ini masih 90 % berada dalam kota Padang, masih banyak peluang memperbanyak di Padang dan merambah di kota dan Kabupaten di dalam Sumatera Barat.

Kemudian menjalin relasi dengan semua perusahaan dan instansi pemerintah dalam kota Padang. Kita optimis, InsyaAllah target keuntungan akan tercapai dalam tahun ini dan hanya berbasis market di dalam kota Padang saja. Makanya door to door ke seluruh perusahaan dan instansi ku jalani dengan semangat.

Ada temanku seorang marketing dari perusahaan Jakarta yang mampir ke Padang pada lebaran kemaren, merasa tidak kuat jika harus jalani sistem yang kulakukan sekarang. Beliau angkat tangan. Beliau terkadang memberikan saran, namun saran yang beliau berikan tersebut rasanya tidak masuk dalam pikiranku dan membuang banyak biaya yang seharusnya bisa kita irit. 

Ini pekerjaan dengan tantangan tersendiri, aku sangat suka. Mencari keuntungan sebesar-besarnya dengan biaya yang sedikit. Jadi, ada strategi tersendiri, tentunya sesuai dengan keadaan yang ada. 

Produk dan layanan SAP Express tidak kalah dengan pesaing. Apalagi untuk perusahaan dan instansi yang melakukan pengiriman paket/dokumen yang banyak setiap bulannya, dengan bekerjasama dengan SAP Express perusahaan akan mendapatkan efisiensi biaya pengiriman yang luar biasa, efisiensi waktu dari pegawai, dan pelaporan yang sistematis yang bisa dilihat di awal waktu, serta sistem pengecekan yang memungkinkan untuk melakukan evaluasi kinerja dari perusahaan jasa pengiriman.  

Semoga SAP Express Cabang Padang dapat menjadi rekanan terbaik Bapak/Ibu dalam bidang jasa pengiriman..InsyaAllah..

Post a Comment:

Silahkan tanggapan dan sarannya untuk tulisan ini.