Wednesday, August 17, 2016

Beberapa waktu yang lalu, saya dihubungi oleh salah satu bank penerbit kartu kredit. Saya kira asuransi atau tagihan yang belum bayar, ternyata pihak bank tersebut menawari saya kartu kredit tambahan buat saya atau buat salah seorang keluarga saya, ibu atau ayah atau adik, kenapa istri tidak disebut, maklum sedang dalam proses mencari calon istri.

Kartu kredit tambahan memiliki beberapa kelebihan,diantaranya kita memiliki tambahan kartu yang bisa digunakan, dan tidak hanya satu kartu saja, bisa digunakan atau diatasnamakan salah seorang anggota keluarga kita, misal istri, anak, adik atau kakak, ayah atau pun Ibu. Nanti tagihan dari pemakaian kartu tersebut digabung dengan tagihan kartu utama.

Namun beberapa kelebihan tersebut juga banyak memiliki kekurangan, terutama dari segi biaya. Kartu tambahan dikenakan juga biaya tahunan lho, biasanya setengah dari biaya tahunan kartu utama. Kartu tambahan memiliki limit yang tergabung dengan kartu utama, misalkan kartu utama Anda memiliki limit 10 juta, maka kartu tambahan limitnya berdasarkan kartu utama. Kalau kartu kredit utama Anda sudah terpakai limit 8 juta, maka kartu tambahan bisa dipakai limitnya maksimal 2 juta saja. Rugi, jika di ambil. Lain halnya jika Anda diberikan kartu kredit lagi oleh pihak bank, dengan limit terpisah. Baru bagus untuk diambil, walaupun ada biaya tahunannya juga.

Misalkan, kartu saat ini ada jenis visa limit 10 juta, kemudian pihak bank memberikan kartu lagi dengan limit 6 juta namun mastercard. Ini sangat bagus, manfaatnya bisa didapat dari kedua kartu tersebut, apalagi limit terpisah. Jadi limit yang bisa kita gunakan 16 juta totalnya.

Jika ada tawaran kepada Anda untuk kartu tambahan, sebaiknya tolak saja ya, rugi jika Anda ambil. Sebaiknya lagi, jika Anda tidak gunakan kartu kredit, karena akan bisa menjerumuskan Anda pada lilitan hutang. Terlebih parah lilitan riba yang bisa membuat hidup Anda tidak berkah.

Post a Comment:

Silahkan tanggapan dan sarannya untuk tulisan ini.