Tuesday, April 6, 2010

8 Tips for Becoming the Best Speaker of Larry King
Blog Riky -- Would you believe? bahwa kesuksesan yang sudah anda genggam adalah karena orang lain ? Percaya tidak percaya, memang itulah kenyataannya. Adanya orang tua, seorang anak dapat tumbuh dari bayi hingga dewasa (adult). Adanya guru atau dosen, menambah pengetahuan anda, sehingga jadi cerdas dan berpendidikanlah kita. Adanya perusahaan, kantor atau lembaga, maka kita dapat bekerja dan berpenghasilan dari sana. Jadi kuncinya, apabila ingin berhasil perbanyaklah kenalan.

Kenal tidak sembarang kenal tentunya, jadilah kita seseorang yang baru di kenal oleh orang lain sebagai seorang pribadi yang mudah bergaul, dan diingat oleh orang. Menjadi pribadi yang seperti itu, harus bisa menguasai seni berbicara dengan baik. Berikut 8 tips menjadi pembicara terbaik ala Larry King, seorang pembicara paling dicari dan dibayar paling mahal di Amerika.
  • Pertama, miliki sikap memandang sesuatu hal dari sudut pandang yang baru. Mengambil titik pandang yang tak terduga pada hal-hal umum. Orang yang bisa menjadi inspirasi bagi orang lain, akan memiliki kenalan yang banyak dan selalu diingat.
  • Kedua, punyai cakrawala yang luas. Semakin banyak yang kita miliki dan dikeluarkan melalui berbicara dengan orang lain, maka ketertarikan orang lain terhadap kita akan semakin bertambah. Semakin banyak orang lain berbicara dengan kita, wawasan lawan bicara kita tersebut bertambah pula wawasannya.
  • Ketiga, selalu antusias. Tunjukan, kita memiliki minat besar terhadap apa yang kita perbuat dalam kehidupan ini, dan juga apa yang kita katakan dalam kesempatan tersebut.
  • Keempat, miliki sikap tidak membicarakan diri sendiri. Seringkali dalam setiap pembicaraan kita lebih banyak membicarakan diri sendiri, ketimbang mendengarkan orang lain berbicara. Menjadi pendengar yang baik, orang lain akan senang berbicara dengan kita.
  • Kelima, miliki rasa ingin tahu yang besar. Mengajukan pertanyaan adalah rahasia keberhasilan percakapan. Tahukah anda pertanyaan terbesar sepanjang zaman ? Jawabannya adalah ”Mengapa”. Menumbuhkan rasa ingin tahu, akan muncul seiring dengan semakin seringnya kita menggunakan kata ini, disetiap percakapan dengan orang lain. Orang lain akan merasakan bahwa kita memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap diri lawan bicara kita tersebut.
  • Keenam, tunjukan empatimu. Setiap pembicaraan yang kita lakukan dan memperlihatkan rasa empati tersebut kepada lawan bicara kita, maka kita akan lebih bisa memahami apa yang lawan bicara anda katakan.
  • Ketujuh, miliki selera humor. Orang yang humoris lebih cepat diterima dalam sebuah komunitas. Rasa humor sangat diperlukan didalam percakapan kita sehari-hari. Jika didalam sebuah percakapan yang menjemukan kita dapat menjadikannya sebagai percakapan yang menyenangkan, orang lain akan selalu mengingat kita.
  • Kedelapan, punya gaya bicara sendiri. Meniru gaya bicara orang lain boleh, namun dengan meniru tersebut harus bisa, men-creat gaya kita sendiri atau ciri khas sendiri yang susah untuk di tiru oleh orang lain. Dengan konsisten dan tidak terpengaruh gaya bicara orang lain, kita dan lawan bicara kita akan lebih nyaman tentunya.
Delapan tips di atas, semoga menjadikan anda punya kenalan yang banyak dan mereka miliki kesan yang menyenangkan terhadap anda. Selanjutnya, segala yang ada akan menjadi mudah.

Post a Comment:

Silahkan tanggapan dan sarannya untuk tulisan ini.