Friday, September 16, 2011

Penjualan Door to door untuk Capai Penjualan Maksimal
Blog Riky -- Semangat Pagi, Bagaimana sahabat, apakah penjualan online-nya sudah memuaskan ?

Kebanyakan, perkiraan saya (dance) di atas 95% orang yang berjualan secara online (bisnis online atau marketing via online), berpikir bahwa penjualan bisa terjadi secara otomatis. Lakukan sesuatu, lalu tinggalkan kemudian sambil bersantai-santai tiba-tiba penjualan terjadi.

Buat saya pribadi, memang itu yang terjadi, namun buat 95% yang lainnya, tidaklah semudah itu.

Marketing online (mendapatkan penjualan secara online), tetap harus diberlakukan sebagai sebuah anak tangga yang harus dilewati satu per satu, tidak bisa dengan meloncati anak tangga pertama langsung ke anak tangga 10 (kecuali mempunyai
sumber daya yang lebih).

Maksud saya begini..

Bisnis yang dijalankan secara online adalah sama persis dengan bisnis biasa, seperti : toko, rumah makan, pabrik, distributor, dan lainnya. Semua bisnis memerlukan (selain modal usaha) yaitu iklan dan marketing.

Iklan ialah kegiatan untuk membuat orang tahu mengenai produk/jasa yang Anda miliki.

Marketing ialah kegiatan untuk mendapat-kan penjualan sehingga bisa diperoleh profit dan bisnis terus berjalan dan maju.

Bagi saya, iklan dan marketing ialah 2 hal yang berbeda. Begitu juga untuk bisnis yang dijalankan secara online. Iklan dan marketing tetaplah 2 hal yang berbeda. Seringkali pelaku bisnis online, hanya berusaha fokus pada iklan (menyebarkan iklan dimana-mana).

Padahal MARKETING juga adalah hal yang sangat penting. Karena MARKETING lah yang menghasilkan penjualan. Inilah mengapa banyak pebisnis online tidak mendapatkan penjualan yang memuaskan, karena fokus pada iklan. Seharusnya selain pada iklan, juga fokus pada marketing.

Memang sahabat bisa secara otomatis mendapatkan penjualan dalam jumlah banyak setiap harinya dengan menggunakan beberapa metode iklan online. Namun FOKUSLAH pada usaha MARKETING terlebih dahulu.

Iklan tidak langsung menghasilkan penjualan, MARKETING lah yang menghasilkan penjualan dengan CEPAT.

Jadi, apa maksudnya ?

Jawablah pertanyaan ini..

1. Produk/jasa apa yang sahabat pasarkan ?
2. Siapa yang menjadi target market sahabat ?

Misalkan, jawabannya adalah :

1. Alat-alat kedokteran.
2. Dokter, rumah sakit, distributor alat kesehatan.

Nah, dari sini, setelah Anda melakukan beberapa metode iklan, saatnya juga untuk melakukan MARKETING untuk menghasilkan PENJUALAN ONLINE TERCEPAT.

Yaitu :

1. Kunjungi setiap iklan baris. Cari dibagian : Distributor, Kesehatan, peluang bisnis, atau lainnya. Lalu sahabat kumpulkan data-data nya berupa, email, no hp, alamat dari para pemasang iklannya.
2. Anda bisa mencari di goole, dengan mengetikkan : Dokter di Bandung. Akan muncul jutaan informasi yang ber-hubungan dengan Dokter di Bandung. Nah, dari sini sama, Anda kumpulkan data-data berupa, nama, email, alamat, no hp, dll.

Lalu tawarkanlah produk Anda tersebut langsung kepada mereka. Bisa lewat EMAIL, TELEPON, ATAU datang langsung.Nah inilah yang saya sebut Sales Door To Door. Namun dengan cara yang lebih santai. Karena bisa menawarkan langsung produk kita kepada target market melalui email atau telp atau datang langsung.

Dan ketika nanti sahabat melakukannya, penting untuk memiliki jasa Autoresponder.

Kenapa ? Karena sesuai dengan 4 alur terjadinya penjualan, yaitu :

- mendatangkan pengunjung berkualitas

- merubahnya menjadi prospek
- menjadikan prospek sebagai pembeli
- menjadikan pembeli sebagai pelanggan


Maka, proses sales door to door tadi, adalah untuk menjadikan mereka prospek atau langsung pembeli dan pelanggan. Jika mereka menjadi prospek, maka sahabat memerlukan jasa autoresponder untuk melakukan follow up secara otomatis via email berkala.

Dan jika mereka memutuskan menjadi pembeli, maka sahabat memerlukan jasa autoresponder untuk memberikan support lewat email-email yang dikirim secara otomatis dan berkala agar suatu saat menjadi pelanggan tetap.

2 komentar

Mantap sekali....mohon info...bagaimana cara efektif agar bisa menjadi pengusaha sejati? saya juga pernah ikut Seminar Pak Tung... Salam Dahsyat..

Reply

Silahkan tanggapan dan sarannya untuk tulisan ini.