Langsung ke konten utama

Toko dan Perusahaan Ekspedisi

Blog Riky -- Ya, hubungan yang saling menguntungkan antara toko dengan perusahaan ekspedisi. Jarak dan waktu menjadi pemisah antara pemilik barang dan yang membutuhkan barang. Persoalan itu pun tak menjadi hambatan yang berarti lagi, selagi perusahaan ekspedisi dengan cekatan dan aman dalam pengantaran barang yang didistribusikan. 

Kebanyakan yang saya ketahui, pihak toko yang menjualkan barang dan mengantarkan barang dengan ekspedisi hanya mendapatkan keuntungan dari segi distribusi barang yang terlaksana. Pilihan akan perusahaannya hanya berpatokan kepada segi keamanan, kecepatan, serta harga yang miring. Selain itu belum ada pertanyaan apa ada keuntungan lain dari ekspedisi untuk toko? apalagi untuk customer yang membeli barang? 

Sebenarnya masih ada keuntungan lain dari perusahaan ekspedisi untuk pemilik toko offline atau online yang diantarkan barangnya kepada pembeli. Sudah ada yang mengetahuinya? Ya, mungkin masih sebagian kecil. Keuntungan apakah itu?

Perusahaan ekspedisi saat ini sangatlah banyak, dari sekian banyak perusahaan ekspedisi persaingan pun sangat ketat. Meskipun begitu, usaha pendistribusian barang tidak akan pernah mati, meskipun sudah ada pintu kemana saja doraemon. 

Kemampuan perusahaan ekspedisi swasta tidak akan sebesar kemampuan perusahaan negara PT. Pos Indonesia untuk membuka cabang disetiap kelurahan yang ada. Meskipun sudah sedemikian besar jaringan kantor pos, kebanyakan pengiriman barang masih ditangan ekspedisi swasta semacam tiki dan JNE. Dengan modal terbatas, membuka jaringan langsung dari pusat tentu membutuhkan biaya dan waktu yang lama. Maka dari itu, untuk mensiasatinya adalah dengan membuka dan mendirikan jaringan konter retail dari masyarakat. 

Penulis melihat konter retail semacam TIKI dan JNE di kota penulis sendiri sangat menarik untuk diperhatikan. Perhatian penulis pertama paling tertuju pada seluruh toko pakaian, asesoris, jam tangan atau produk yang sering ditransaksikan online serta perusahaan tour & travel. Untuk di kota lain, mungkin lain adanya atau pun sama.

Banyak yang mengambil paket kerjasama konter retail jasa ekspedisi adalah toko-toko yang sebetulnya jarang melakukan atau tidak ada sama sekali pengiriman barang. Memang ada juga, rasanya perbandingannya adalah 1 banding 1000. Memang dari yang sering melakukan pengiriman barang, apakah tidak mengetahui adanya keuntungan dibalik konter retail ? toh, kalau mengetahui kenapa tidak mengambil paket konter retail jasa pengiriman ekspedisi? malahan mengirimkan paket kirimannya ke konter retail yang jasa utamanya tidak ada pengiriman barang sama sekali, seperti isi pulsa ulang, laundry, toko dan service handphone.

Padahal ada diskon biaya pengiriman sampai 25 %, jika toko pakaian, asesoris, tour & travel mengambil paket konter retail. Meskipun ada biaya instalasi yang sebenarnya biaya tersebut tidaklah hilang, melainkan dikembalikan dalam bentuk neon box, seragam, spanduk atau x-banner, list harga, stiker, timbangan 100 Kg, dsb. Setelah penulis teliti dengan sangat baik, uang yang dikeluarkan di awal kerjasama tidak akan hilang. Perlengkapan yang diberikan dari uang setoran kerjasama tersebut adalah hak milik konter retail. Selama perusahaan ekspedisi berdiri dan melaksanakan tugasnya konter retail selama itu pula akan mendapatkan diskon sampai 25% dari biaya pengiriman barang konsumen.

Celah tersebut banyak tidak dimanfaatkan terutama pelaku online. Kita ambil contoh pengiriman paket 1 Kg dari Padang ke Jakarta Selatan dengan jalur udara sebesar Rp. 12.000,- dengan ekspedisi SAP ekspress. Jika saja penulis jadi konter retail, maka penulis bisa mendapatkan diskon pengiriman 25 % dari harga tersebut. Tentunya, biaya Rp. 12.000,- yang tercantum pada bill tagihan pengirim barang. Namun, biasanya pelaku online membebankan biaya pengiriman barang ke konsumen yang memesan barang. Nah, keuntungan untuk siapa? yups, tentunya untuk pelaku online yang mengirimkan barang sekaligus menjadi konter retail dari perusahaan ekspedisi dong.

Banyak pelaku online di kota penulis terkejut, setelah kami beritahu. Ada yang melakukan pengiriman dari hasil jualan online pribadi sampai 25 paket sehari keberbagai belahan kota dan negara. Dari satu toko, biaya pengiriman barang ke 25 paket tersebut sampai menyentuh angka Rp. 600.000,- per hari. Jika saja menjadi konter retail tentunya bisa mendapatkan pengiritan sampai 25 % kan ya? Mantapkan bisa irit Rp. 150.000,- Jika dikalikan dengan 24 hari dalam satu bulan, maka keuntungan dari jasa pengiriman barang saja sudah Rp. 3.600.000,-. Itu belum termasuk barang titipan dari orang lain yang menumpang pengiriman ke kita sebagai konter retail.

Keuntungan Bagi Konsumen?

Pihak yang melakukan pengiriman bisa saja memberikan diskon sebesar 5-10 % kepada konsumen. Agar konsumen tidak terlalu mahal membeli barang anda. Sudah harga barang tambah ongkos kirim pula. Sebenarnya, jika membeli baju dengan berat 200-300 gram per baju, lebih menguntungkan dengan langsung membeli tiga baju. Karena biaya pengiriman satu baju dengan tiga baju adalah sama, hitungan untuk 1 Kg. 

Memang tidak semuanya bisa menjadi konter retail. Biasanya perusahaan ekspedisi mematok setiap 1 Km ada konter retail. Sebelum ada konter retail 1 Km dari toko anda, sebaiknya anda mengambil jasa konter retail tersebut, apalagi anda pelaku bisnis online. Hal ini bisa memberikan keuntungan berganda bagi anda, dari keuntungan harga barang dan dari jasa pengiriman. 

Bagaimana udah kefikiran untuk memanfaatkan peluang sebagai konter retail perusahaan ekspedisi? 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mobil Pick UP Nganggur? Coba Jalankan Ide Ini..

Saya sangat sering melihat mobil pick up di parkir pada pinggir jalan dan di pasang spanduk bertuliskan di sewakan. Saya merasa, jika hanya di parkir seperti itu, kecil kemungkinan untuk mendapatkan pelanggan yang mau menyewa.  Pada tahun 2015 yang lalu saya mendapatkan semua proyek pengiriman sebuah cabang perusahaan farmasi di kota Padang untuk tujuan seluruh rumah sakit dan apotik di dalam Sumatera Barat. Padahal waktu itu, armada kami hanya baru ada satu unit avanza dan satu unit grand max. Kami mencoba mencari tambahan mobil ke kantor pusat, jawabannya pun tidak bisa segera, palingan beberapa bulan lagi permintaan mobil bisa datang ke Padang.  Alhasil kami mencoba mencari penyewaan armada, dan ketemulah banyak mobil parkir di pinggir jalan, kalau di Padang paling sering di dekat Jl. Kh. Ahmad Dahlan Padang posisi kalau kita dari Pasar Alai menuju Mesjid Raya Sumbar. Setelah ditanya berapa ongkos sewanya dari By pass simp. Kuranji menuju simp. kampus UBH di Ulak Karang, Su

Cara Mendapatkan Mesin EDC Bank Mandiri

sumber foto : investor.co.id Beruntunglah Toko-toko yang memiliki tampilan yang memikat atau ramai di kunjungi konsumen. Biasanya toko yang berpenampilan memikat, tidak perlu datang ke bank Mandiri, tetapi tinggal duduk saja menunggu orang bank yang akan menemui pemiliknya. Lho, kenapa begitu ? Seperti tulisan penulis sebelumnya ( gencarnya pihak bank memasarkan edc ), Pihak Marketing EDC bank Mandiri akan berkeliaran di jalan-jalan utama dan akan menyasar toko-toko yang berpotensi transaksi besar. Mereka akan mengutamakan toko-toko yang seperti itu. Menemui ownernya, kemudian menjelaskan program tawaran EDC bank Mandiri. Jika setuju, owner toko tinggal melengkapi syarat-syarat yang wajib untuk di penuhi. Bagi toko-toko yang terletak agak jauh dari jalan utama, dan baru berdiri, owner toko silahkan datang ke bank Mandiri dan menemui Customer Service. Cukup bilang, saya mau EDC Bank Mandiri, jika belum ada rekening Mandiri silahkan buka rekening, jika sudah tinggalkan saja

7 Tips Penting Pengiriman Motor Melalui Jasa Ekspedisi

Ayo, siapa yang mau kirim motor? Dunsanak, jika mau kirim motor, ada beberapa hal yang mesti dunsanak ingat. Pertama , Ekspedisinya bisa di percaya. Ekspedisi yang bisa di percaya cara melihatnya gimana? Cek kantornya dulu. Besar kagak kantornya? Armadanya ada tidak? kemudian banyak tidak karyawannya?  Jika kantornya besar, armada ada, karyawan banyak, apalagi kantornya sangat bagus, apalagi karyawannya komunikasinya bagus. Ini bisa dipastikan ekspedisinya sangat bisa dipercaya. Kedua , Bisa Di Tracking melalui internet. Ini yang sangat penting. Bisa di cek melalui internet adalah sebuah keharusan. Gak mungkin kan sipengirim menelfon terus ke kantor ekspedisi. Ini juga tanda bahwa perusahaan tersebut sudah besar, dan pastinya mereka lebih menjaga kiriman, jika pengiriman jelek tentunya akan berdampak pada nama baik perusahaan. Ketiga, Ongkir Masuk Akal. Nah, ini yang paling dipertimbangkan. Jika ada ekspedisi yang memberikan penawaran yang sangat murah, harap berhati